RM. Sate & Tongseng Pak H. Min – Kalibata

Setiap kali lapar melanda, dan hanya terpikir ingin makan sate atau tongseng, saya selalu dibawa oleh pasangan ke rumah makan ini. Yap, RM. Sate dan Tongseng Pak H. Min di perempatan lampu merah kalibata. Rumah makan ini nyaris tidak terlihat jika kita tidak seksama mencari dan membaca plang yang terdapat di depannya. Maklum saja, sepanjang jalan ini sangat penuh oleh kios-kios kecil yang berderet di pinggir jalan. Mulai dari bengkel, percetakan, toko kue, RM padang, sampai Salon.

Awalnya saya selalu bertanya, kenapa pasangan slalu merekomendasikan rumah makan ini. alasannya simple saja, rumah makan sate ini sudah lama ada dan rasanya tidak mengecewakan. jadilah saya nurut, begitu dibawa kerumah makan ini. Rumah makan ini sangat sederhana dan sedikit kusam. di depan rumah makan terdapat gerobak sate yang umumnya dipakai para pedagang sate dan tongseng. rumah makan ini tanpa jendela kaca, hanya ada jendela kayu yang bisa dibuka pasang, sehingga memungkinkan angin masuk. di dalamnya hanya terdapat kursi dan meja kayu tua dan tebal, seperti terbuat dari jati. juga ada beberapa potret tua bergambar Presiden RI 1 & 2, Soekarno & Soeharto. hmmmm….kesan yang kuno sekali.

Dirumah makan ini biasanya saya memesan seporsi tongseng / gulai. sementara pasangan saya memesan seporsi sate kambing atau sebaliknya. Hal ini selalu sengaja kami lakukan agar bisa saling mencoba rasa masakan satu sama lain hihihihih:D. Sambil menunggu pesanan selesai dibuat biasanya mata saya memandang berkeliling ruangan rumah makan ini. ubin tegel, kayu dan meja jati, potret tua dan sebuah TV keluaran lama yg terdapat disudut ruangan menghiasai rumah makan ini. Tidak terlalu rami pengunjung tapi cukup membuat acara makan menjadi nyaman.

Sate & Tongseng RM. Pak H. Min

 

Begitu pesanan kami berdua siap, saya pun tak sabar mencicipinya. ditemani sepiring nasi putih hangat dan emping yang tersedia di meja (serta berukuran lebih besar dari biasanya ) saya pun menyantap pesanan saya. Rasa tongsengnya hmmmm…enaaaaaak. bumbunya pas dan tidak ada bau prengus dari daging kambing yang tercium. Bila kurang pedas, saya pun dapat meminta kepada pelayan untuk mendapatkan tambahan sambal. biasanya sambal hanya terbuat dari cabe rawit merah dan bawang putih yang telah di gerus kasar didalam mangkok. hmmm..semakin menambah selera makan bukan??

sekarang beralih ke menu pasangan saya, Sate kambing. daging satenya besar-besar dan tanpa lemak. good job!!! 10 tusuk tusuk sate kambing yang dihidangkan dengan bumbu kecap melimpah serta taburan cabe bawang dan tomat diatasnya membuat acara makan kami semakin istimewa. 2 gelas teh hangat pun bisa menjadi pembasuh lemak sisa menyantap hidangan serba kambing dirumah makan ini.

Harga yang ditawarkan dirumah makan ini memang sedikit lebih mahal dibanding rumah makan sejenis. untuk semua yg kami pesan, kami membayarnya dengan harga sekitar 55ribu. tapi bila anda puas dengan rasa yang ditawarkan rumah makan ini, harga bukankah tidak menjadi masalah?? Kalau ada waktu tidak ada salahnya bila Anda mencobanya sendiri.

RM. Sate & Tongseng Kambing

Pak H. Min – Kalibata

(Depan perempatan lampu merah kalibata)



Sedapnya Bakmi Djogja ala Mbah Surip

Begitu mendengar nama Mbah Surip, yang terlintas pertama kali dibenak kita pasti penyanyi tua yang ngehits lewat lagu Bangun Tidur. eeets anda memang tidak salah, tapi Mbah Surip yang saya ingin tulis disini adalah Mba Surip pemilik rumah makan Bakmi Djogja Mbah Surip dibilangan Ampera Jaksel. Nama rumah makan ini memang diambil dari nama pemiliknya, Mbah Surip. Orangnya ramah dan selalu tersenyum pada siapa saja yang datang kerumah makannya.

Bakmi Godog

Awalnya saya kurang tertarik mencoba makanan satu ini, Bakmi godok. karena buat saya pasti tampilan makanan ini sama dengan bakmi-bakmi lain atau bahkan mie instan buatan dirumah. tapi ternyata saya salah. begitu menginjakkan kaki di tempat makan ini, saya heran kenapa rumah makan ini selalu ramai dengan pengunjung. bahkan diantaranya adalah pasangan kakek nenek dan keluarga. mobil-mobil terbaru pun  kadang parkir menghiasai pelataran tempat makan ini.

Di dalam rumah makan ini, kesan jadul atau lama sangat terasa sekali. di dindingnya tergantung beberapa foto pemiliknya bersama Presedin RI ke dua, Bapak Soeharto. di bagian sudut lain terdapat fotonya bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X.  Yup, maklum saja rumah makan ini memang rumah makan khas djogja, menyediakan menu bakmi godog / goreng khas djogjakarta. berbagai macam makanan pendamping pun tersedia di meja seperti tahu / tempe bacem, kerupuk kulit , dll. Di Depan rumah makan ini terdapat gerobak-gerobak dan anglo, yaitu tungku kecil tempat memasak bakmi dengan hiasan ayam kampung yg telah direbus dan digantung-gantung mirip bebek peking di restoran.

Cabe Rawit sebagai pelengkap

Saya memesan bakmi godog komplit saat itu, terdiri dari mie kuning dan bihun ditambah potongan sayap ayam kampung. wuaaaaah istimewa sekali. bakmi godognya agak nyemek basah dengan irisan daun bawang, campuran telur ayam dan bumbu-bumbu yang sederhana tetapi menghasilakan rasa yg juara. Bakminya gurih dan kuahnya sangat terasa kaldu ayamnya.  Untuk menikmati bakmi godok ini tidak disediakan sambal melainkan cabe rawit utuh yg bisa ditambahkan apabila menginginkan rasa yg lebih pedas.

Rumah makan ini memang sederhana tapi rasa yg ditawarkannya begitu istimewa, tak salah bila banyak pelanggan rumah makan ini kerap datang kembali bila rindu akan cita rasa bakmi godog khas djogja. Selain di Ampera, rumah makan ini juga memiliki cabang di jalan raya margasatwa, arah ke ragunan. jadi apabila anda melewati jalan tsb, silakan mampir dan cicipi rasa istimewanya Bakmi ini.

BAKMI DJOGJA MBAH SURIP

Jl. Ampera Raya ( Setelah Ged. Medco)

Jl. Ampera Raya ( Setelah Lampu Merah Kemang – Dekat Klinik Kemang Medika ) 

Jl. Margasatwa Raya – Arah Ragunan ( Setelah SMKN 57 )

  



Lezatnya Nasi Goreng Kebuli di Nasgor Apjay

Nasi Goreng kambing Kebuli

Pernah makan nasi kebuli???itu siiy biasa. tapi kalo nasi goreng rasa kebuli, hmmm itu patut dicoba. berbekal info kuliner rekomen dari detik food, saya ditemani suami sengaja berangkat mencari alamat nasi goreng APJAY. yang kebetulan ga jauh dari lokasi rumah saya di Cipete. Nasgor Apjay buka setelah magrib. Tidak sulit mencari lokasi tempat makan ini, menempati area depan rumah jadi tidak terlalu luas lokasinya. hanya tersedia 1 buah meja panjang dan 2 buah meja ukuran kecil. Nasgor Apjay ada diseberang restoran Dapur Sunda Cipete Raya. sssst, ternyata nasgor apjay cipete ini merupakan cabang dari Nasgor dan Sate Apjay yang ada di Panglima Polim Raya. Apjay sendiri singkatan dari APOTIK JAYA, lokasi tempat makan yg ada di panglima polim.

Sesuai rekomendasi, saya pilih menu Nasgor ayam kebuli pedas sedangkan suami saya pesan nasgor kambing kebuli. sambil menunggu menu siap sedia, saya sempatkan untuk melihat-lihat buku daftar menu. ternyata di tempat makan ini juga tersedia martabak dan bubur ayam. tak ketinggalan juga bakmi godok jawa. untuk minumannya saya dan pasangan memesan Wedang Uwuh, uwuh sendiri dalam bahasa jawa berarti sampah. jadi bisa dibilang wedang uwuh adalah wedang sampah karena isi minuman ini terdiri dari berbagai macam daun dan rempah organik, sebut saja potongan jahe, serutan kayu cengkeh, daun cengkeh, daun pala, kayu secang dan gula batu. Tampilan minuman khas imogiri  ini setelah diseduh akan berwarna merah dan terasa hangat saat diminum.

Nasgor Apjay

Saat nasi goreng sudah tersedia, saya tak menyiakan kesempatan untuk mencaba rasanya terlebih dulu tanpa menambahan pelengkap apapun yg tersedia dimeja. wangi hangat nasi goreng kebuli ini begitu menggoda, rasa rempahnya sangat terasa, very spicy!!!. begitu juga begitu saya mencoba nasgor kambing kebuli…hmmmm rasanya tak menyesal membaca rekomen tempat makan ini dan mencobanya langsung,enak bangeeet. Nasgor ini lebih nikmat disantap dengan acar dan tambahan emping. bila suka bisa menambahkan lada bubuk yg tersedia disetiap meja.

Daftar Menu & Harga

Oiya, saat saya datang ketempat ini, ada beberapa orang yang kebetulan pasangan dan keluarga juga tengah mencoba nasgor kebuli.  saya sempat mendengar mereka ngobrol dengan penjual nasgor ini, kalo mereka tau tempat makan ini juga dari rekomendasi detikfood. wow, ternyata satu info bisa mengantarkan beberapa orang ke tempat yang sama dengan saya.

jadi, kalo kamu mau tau lezatnya rasa nasgor kebuli dan hangatnya wedang uwuh silakan mampir ke sini : NASGOR APJAY Cipete Raya (Sebelum Lampu Merah d’best – seberang restoran DAPUR SUNDA) Murah, enak dan pas dikantong.

 


Nyoba Steak Baru @ Steak Lovers Kemang

Beef Mongolian Steak

Sirloin Steak

Steak rumput??? apa yg terpikir dalam benak temen2 smua begitu mendengar nama makanan yg satu ini?? bingung? heran??atau malah nyengir?? sama dong dengan saya. pas baca promo spanduk di satu resto steak terbaru dikemang, saya penasaran banget pengen tau dan pengen nyoba kaya apa siy rasa dan tampilan steak rumput.

Akhirnya sabtu kemaren, dengan niat mau malem mingguan brg suami plus cari makan yg enyak-enyak. mampirlah qta ke resto satu ini, yap STEAK LOVERS KEMANG. nuansa resto yg cozy dan ga terlalu ramai bikin acara makan jd nyaman. Resto 2 lantai ini di dominasi dengan dekorasi dari kayu, baik untuk lantai, dinding jg furniturenya. di lantai atas juga tersedia ruangan yg lapang dan nyaman, dengan sofa-sofa yg tertata apik diruangan. ruang sholat dan toilet jg tersedia di atas. sssst..enaknya lg ruangan di lantai atas bebas asap rokok alias NO SMOKING AREA. oya, satu lagi niy kalo kalian dateng rombongan brg tmn2, bisa jg tuh main billiard disini. di lantai bawah tersedia meja billiard yg bisa dimainkan pengunjung resto sambil menunggu pesanan siap.

back to main menu @ steak lovers. yup, kemarin itu akhirnya saya pesan Beef Mongolian Steak setelah melihat steak rumput tidak terdapat di dlm daftar menu **hmmmm, kayanya itu cm pas promo aja deh, jd pas promo berakhir tamat jg riwayat steak rumput. padahal udh penasaran heheheh**. suami saya memesan sirloin Steak ala steak lovers dan ga lupa juga segelas lemon tea + jus melon sebagai penyegar tenggorokan.

saat menu yg dipesan datang, ga sabar rasanya pengen langsung mencobanya. tampilan beef mongolian steak mirip2 sama beef katsu dengan siraman black pepper sauce yg nyumi di tambah parutan keju diatasnya. hmmm delicious, ga mengecewakan! salad pendamping beef mongolian ini pun berbeda dari salad steak umunya yg hanya terdiri dari kacang polong, wortel dan buncis. untuk beef mongolian steak salad yg disajikan berupa irisan wortel dan kol yg dimixed dengan mayoneis. rasanya asem2 segaar.

 

Untuk Sirloin steaknya jg tidak kalah enak. dagingnya juicy dan lemaknya melting begitu dimakan. mantaaap. Sirloin disajikan dengan saus BBQ ala steak lovers. harga yg ditawarkan direstoran ini jg tidak terlalu mahal, kecuali jika pilihan anda jatuh pada Wagyu Steak, daging sapi khas jepang yg sedang hip dijakarta sebagai menu2 utama steak saat ini. harga sirloin hanya 75rb dan beef mongolian steak 45rb saja. Jika datang ketempat ini lagi, saya masih ingin mencoba bratwurst steak. steak sosis khas jerman yg terdiri dari 2 buah steak yg sudah di grill dan diberi kentang serta salad. hmmm tak sabar rasanya.

Steak Lovers @Kemang

kalian mau coba jg??? mampir aja ke STEAK LOVERS KEMANG yang beralamat di jalan kemang raya ( depan OEN PAO RESTO Kemang ) buka dari jam 11 siang hingga jam 10 malam.



Ngemil Enak @DimSum Inc

Pas jam makan siang pas ujan??what a great day! ga bisa keluar kantor buat maksi sambil jalan-jalan. Untungnya, masih ada rejeki nomplok yang dateng tiba2. yep, apalagi kalo bukan traktiran dari si Raja Minyak yg tiba2 siang itu dateng ke kantor. Alhasil, dapet traktiran maksi diluar dooong yaa, yuuuks capcuus.

Steam Skewer

Awalnya mau makan ke kantin Depkes, tapi berhubung si bapak raja minyak ini bawa kendaraan jadilah kita **saya, mba lili, mirra dan si Raja Minyak minus intan yg stay cool dikantor** kelayapan cari makan sampe Pasfes alias Pasar Festival Kuningan. Setelah muter2 karena kelamaan cari parkiran tibalah saatnya mencari tempat makan yg enak dan cozy. pilihan jatuh di THE DIM SUM INC. well, kenapa pada mau makan dimsum???karena perut udah kenyang setelah sebelumnya ngopi-ngopi pagi di KOPI TIAM hehehhehe:D

di DIM SUM Inc siang itu lumayan rame, rombongan saya dan teman-teman dapat kursi agak menjorok ke dalam. jd bisa liat view resto dengan seksama. tampilan resto yg minimalis dengan aksen kayu-kayu dan open kitchen bikin pengunjung serasa sedang menikmati suasana country ala film film koboy hollywood**halaah apaa siiyh**. setelah liat-liat apa aja yg rekomen di resto ini dari daftar buku menu, akhirnya rombongan memesan dimsum platters dan steam skewer. Penyajiaannya terbilang agak lama, karena Dim Sum Inc  memasaknya sesaat setelah makanan dipesan, jadi benar-benar Fresh From The Kitchen:). ssst satu lagi niy yg bikin makin nyaman nongkrong lama-lama disini, DIMSUM Inc Buka 24Jam!!!

dimsum platters ala The DIMSUM Inc

Eeeh gimana siiy tampilan Dim Sum Platters. mari di absen, isinya ada : 2 hakau (sejenis Bakpao) isi pizza, 2 pangsit goreng isi udang, 2 somay isi ikan cincang dan udang, 2 somay udang, 2 risoles isi udang, etc. kalo steam skewer isinya g beda jauh dengan DimSum Platters. lumayan laah buat nyemil siang menjelang sore. meski cuma berupa cemilan, tapi rasa DimSum disini tidak mengcewakan alias enak. kalo mau makan makanan lainnya selain dimsum juga tersedia pilihan lain seperti ; oxtail soup, tomyam, spaghetti, dll.

Minuman disini juga tersedia beragam, Juices, beers, milkshakes sampe softdrinks. kemarin sempet nyoba Strawberry juicesnya. hmmm segeer, kayanya niy juicenya ditambah susu jadi rasanya mirip2 sama strawberry milkshake gtu. tapi lemon teanya juga lumayan koq. plus harganya g terlalu mahal.

Orange Juice, Strawberry Juice and Lemon Tea

buat yg alergi dengan seafood ( terutama udang ) sekedar info aja niy, kalo smua dimsum disini bahan utamanya adalah UDANG SEGAR. pilihan dimsum dengan isian ayam dan ikan belum banyak tersedia. tapi kalo penasaran mau mencoba rasanya, silakan aja langkahkan kaki ke sini : THE DIMSUM INC, Pasar Festival  ( Samping Warung Lekko ) — di bawah Seven Eleven.



Mie Koba, Mie Kuah Ikan Khas Bangka

Pernah denger ga makanan Khas Bangka tuh apa aja?? kalo saya siiy seringnya denger oleh-oleh dari bangka tuh Otak-Otak sama kretek “sejenis krupuk ikan dengan ukuran mini dan bentuk yg bulat-bulat”. Tapi kalo Mie Koba??hmmm…jadi pengen nyobain deh. kebetulan di dekat kampus UNAS Pejaten ada tempat makan Khas Bangka yg khusus jual Mie Koba dan Pempek.

Saat ada waktu untuk mampir ke tempat makan ini pas pulang kantor, saya sempatkan untuk mencobanya. Setelah lihat-lihat daftar menu yang ada akhirnya pilihan jatuh di Mie Koba Komplit. karena penasaran akan tampilan dan isi dari Mie Koba, saya sampai ikutan lihat cara masak mie ini ke dapurnya. Ternyata mie yg digunakan untuk Mie Koba berbeda dengan mie yang biasa dipakai untuk bakmi ayam / mie pangsit umumnya. Mie yang dipakai lebih lunak dan lembut jadi lebih cepat matang.

Mie disajikan dengan kuah ikan , nah yang ini beda jg kaaan. ikan yang digunakan untuk pembuatan kuah ini adalah ikan tenggiri. jadi aroma ikannya lebih ‘nendang’. warna kuah sedikit keruh karena daging ikan tenggiri yang hancur saat dimasak menjadi kuah.  Setelah mie matang, ,mie koba disajikan dalam mangkuk lalu disiram kuah ikan dan beri topping tauge, telor rebus dan juga kucuran jeruk nipis yang membuat kuah terasa segar dan tidak amis.

Mie Koba

Jika ingin pedas, Anda bisa menambahkan sambal yg tersedia. Juga ada pelengkap Mie Koba lainnya yaitu beraneka macam kerupuk ikan khas bangka. jadi tunggu apa lagi, kalo Anda ingin mencoba Mie Koba yang murah Meriah sempatkan mampir ke warung Mie Koba dan Pempek Khas Bangka di Pejaten yaa. Rasakan sensasi kuliner dari Bangka disini.

Warung Mie Koba & Pempek

Khas Bangka

Jl. Sawo Manila – Pejaten

(Sebelum Kampus UNAS)



All Bout Pasta @Warung Pasta

Pasta identik dengan negeri para pemain sepakbola a.k.a Italia ?? itu dulu. Sebab sekarang anda tak perlu jauh-jauh lagi jika ingin menikmati beragam hidangan serba pasta. Yups, di Jakarta banyak sekali bertebaran tempat makan dari kelas menengah hingga kelas atas yang menawarkan berbagai menu makanan khas Italia ini. Salah satunya disini, Warung Pasta.

Warung yang terletak dikemang ini memang unik. Semua menu yang disajikan berupa pasta. Pasta telah diolah dengan berbagai macam bumbu yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. soal harganya?? Hmmm…tidak menguras kantong alias murah!!!  Tak heran bila warung ini selalu ramai dan penuh oleh pengunjung terutama anak muda, maklum kawasan kemang yang berjuluk ‘little bali’ini memang merupakan daya tarik sendiri untuk kaum muda.

Crispy Pizza Tuna Chunk

Saya berkesempatan mencoba menu serba pasta disini ketika mengadakan acara halalbihalal tahun lalu bersama teman-teman. Tidak perlu reservasi bila anda ingin datang ke warung ini. Interior warung yang minimalis dan cozy menjadikan warung ini sebagai tempat nongkrong yang asyik. Didominasi oleh sofa-sofa disetiap ruangan, warung ini memiliki area indoor dan outdoor. Area outdoor anda bisa bebas merokok sebab area tsb adalah smoking area dan sebaliknya untuk area indoor.

aneka minuman

Saya saat itu mendapat tempat di bagian luar, sengaja untuk bisa menikmati angin sore waktu itu. Saya bersama sekitar 8 orang teman lain memesan aneka menu serba pasta dan pizza yang berbeda agar bisa saling mencoba rasanya. Mulai dari pizza tipis alias crispy pizza, calzone atau pastel panggang, spaghetti, lasagna hingga aneka pasta lainnya. Oya, diwarung ini anda yang menentukan akan diolah seperti apa menu yang anda pilih, ukurannya S, M atau L dan topping sausnya juga boleh request. Untuk calzone anda bisa memesannya untuk dimakan bersama-sama karena ukurannya yang lumayan besar. Berbanding terbalik dengan porsi spaghetti-nya yang mini hihihi.

Spaghetti ala WarPas

Selain menu diatas anda juga bisa menikmati menu ringan lainnya seperti meetball, calamari, French fries, chicken wings dan salad.  Beragam minuman yang bisa anda pesan untuk menemani menu makan anda juga ada, mulai dari milkshake, aneka teh, Juice,softdrink, dll.  Soal rasa untuk ukuran warung tidak mengecewakan.  Anda tetap bisa menikmati aneka pasta enak dan yang pasti tidak terlalu membuat anda mual. Porsinya pas dan harganya merakyat **sesuai judulnya; warung!** satu yang kurang dari warung ini adalah tempat sholat alias mushola yang  nyaman. Mushola disini jauh dari nyaman, terdapat diluar warung (baca; kesamping ) yang merepotkan apabila tamu ingin beribadah. Pasalnya tempat wudhu yang disediakan berada dilahan parkir motor **sangat tidak memungkinkan bagi yang berjilbab** dengan tempat dan fasilitas yang seadanya**mengecewakan**.

Tapi, bila anda ingin merasakan beragam menu pasta dan olahan lainnya dengan harga murah. Silakan coba datang ke tempat ini ;

Warung Pasta @Kemang

WARUNG PASTA KEMANG

Jl. Kemang Raya No. 54 Jaksel

Range harga ; IDR 10,000 – 50,000

Buka dari Jam 11 Siang



Tiktok Cabe Hijau Top Pedasnya!

Buka Puasa Rabu kemarin, pas libur 17 Agustusan. Saya dan suami memilih untuk berbuka puasa diluar rumah. Pilihan jatuh di Resto Tik Tok Van Depok cabang Pasar Minggu. Sebenarnya keberadaan resto ini sudah lama saya ketahui, namun karena waktu itu baru ada di depok, maka saya pun tak pernah sempat untuk mencobanya.

Nah, kebetulan setiap pulang kerja saya melintas di daerah Pasar Minggu. Saat itu mata saya melihat banner resto baru disana, ahaa… ternyata resto Tik Tok Van Depok itu buka cabang di Pasar Minggu. Makanya saya membujuk suami untuk mencoba berbuka puasa di resto tersebut sepulang kerja.

Resto Tik Tok ini lumayan luas dan bersih, lahan parkirnya pun memadai meski dilingkungan pasar. Begitu sampai saya langsung memesan menu Tongseng Tiktok yang memang sudah lama ingin saya coba. Sementara suami saya memesan seporsi Tiktok Bengis alias Tiktok Siram Cabe Hijau. O ya, tiktok sendiri merupakan sejenis unggas persilangan antara itik dan entok. Ukurannya sedikit lebih besar dari bebek pada umumnya.

Sambil menunggu hidangan berbuka puasa disajikan, saya dan suami boleh mengambil sop ayam yang dihidangkan gratis bagi pengunjung resto yang makan langsung ditempat. Alhamdulillah. Selain itu nasi putih yang disajikan, resto ini menggunakan sistem prasmanan alias boleh ambil sendiri sesuka hati dan harganya pun tidak berubah. Begitu juga dengan sambal dan lalapannya. Asyik kan?

Saat tiba adzan maghrib berkumandang, saya dan suami pun berbuka puasa dengan segelas teh manis hangat dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan tiktok yang sebelumnya sudah kami pesan. Ukuran tiktok di resto ini diatas rata-rata, alias cukup besar. Untuk tiktok bengisnya, siraman bumbu dan cabe hijaunya sangat melimpah hingga menutupi daging tiktok itu sendiri. Meski dominan cabe hijaunya namun sensasi rasa yang ditibulkan tidak membuat perut dan mulut terasa panas.

Untuk tongseng tiktoknya, hmm… semburat rasa manisnya sangat terasa. Potongan daging tiktoknya juga cukup besar. Sepertinya dalam satu porsi menu ini menggunakan satu potong daging tiktok bukan suwiran daging seperti biasanya. Rasanya menu ini cukup mengenyangkan untuk berbuka puasa, ditambah hangatnya sop ayam yang sebelumnya kami ambil sebagai compliment dari resto ini. Sop bening dan hangat tersebut bisa menetralisir rasa pedas dari hidangan serba tiktok ini.

Harga di resto ini rata-rata dipatok Rp. 20,000,00 untuk semua menu. Anda juga bisa mencoba menu lain seperti tiktok panggang, tiktok goreng, tiktok kremes, opor tiktok, dll. Untuk minumannya bisa memesan aneka minuman hangat dan juice juga soft drink.

O ya, di depan resto ini anda pun bisa mencoba memesan minuman kopi ala cafe, yaitu semerbak aroma kopi yang sepertinya memang dijadikan satu dengan resto ini. Menu kopi ala cafe yang murah meriah ini bisa jadi alternatif pilihan minuman pengunjung. Ada coffe latte aneka rasa atau ice blended no cafffein yang bisa dicoba. Ssst… harganya pun cuma Rp.7000,00 saja. Cukup murah bukan?

Resto TikTok Van Depok
Jl. Pejaten Raya No.38 Dekat UNAS, Pasar Minggu
Jl. Margonda raya 9C Depok, Telp: 021-77202754



Berjingkrakan @ MJS




ayam rambut setan

Anda Penyuka masakan serba pedas?? sudah pernah datang dan makan dirumah makan ini?? kalu belum silakan simak review saya seputar tempat makan ini. MJS atau Mbah Jingkrak Setiabudi adalah tempat makan berkonsep rumah makan jawa. didalamnya terdapat banyak ornamen – ornamen yang unik dan khas. sebut saja, aneka padi kering, botol kecap dari seluruh nusantara, wayang, sepeda ontel kuno, dll. Dekorasi meja makan yang didominasi oleh kain-kain batik dan warna-warna kayu menjadikan semuanya begitu khas akan nuansa jawa. dan tak ketinggalan pula pelayanan ramah dari para pelayan di MJS yang selalu berpakaian batik dan ber-blankon (peci/topi khas jawa).


Begitu menginjakkan kaki di MJS, anda akan disuguhkan welcome drink, yaituaneka minuman yang disajikan dalam gelas-gelas kecil berisi ; beras kencur, kunyit asem, wedang jahe, dll. silakan anda pilih yang mana yang anda suka. selanjutnya anda bisa langsung menengok menu-menu yang tersedia di MJS. semua disajikan secara prasmanan dalam kendil-kendil yang dialasi daun pisang dan kain batik. hmmmm…menggugah selera!





Aneka menu MJS

Semua makanan yang ditawarkan di MJS bukan hanya mengundang selera melainkan mengundang penasaran. bagaimana tidak, bila menu-menu yang tersedia memiliki nama-nama yang tidak biasanya. Sebut saja ; ayam rambut setan ( Fave saya:D ) , Ayam wewe , sambel iblis, oseng mercon, ayam grandong, telor buto ijo, asem-asem koyor, mangut lele dan tak mau ketinggalan aneka minuman berlabel aneh juga tersedia dari Es jujur, es surga, es kolor ijo, es demit, dll. Biasanya saya ke MJS setelah sebelumnya reservasi, lebih-lebih jika ingin makan rame-rame dengan teman satu genk. yap, saya memang biasa makan di MJS baik dengan teman ataupun dengan pasangan.


Menu fave saya di MJS, seperti disebutkan diatas adalah ayam rambut setan. ayam yang sudah dimasak lalu dibumbuin mirip ayam rica-rica dari manado. bedanya disini, ayam rambut setan bertabur aneka warna dari cabe rawit yang digunakan. rasanya???hmmm tentu saja pedas menggigit lidah! jika datang bersama teman-teman, fave mereka adalah tempe mendoan. nah yang ini juga juara niy, tempe mendoannya besar dan dibalut tepung dengan tebaaaaal. disajikan dengan sambal kecap cabe rawit atau bila suka bisa dimakan dengan sambal iblis. huaaaaah pedesnya nampoool.


Tapi buat anda yang tidak suka pedas jangan khawatir. banyak menu lainnya yg bisa dipilih dari mulia daun singkong, kering tempe, telur sosis gulung, sayur oblok-oblok,  ayam / ikan bakar, tahu tempe bacem, brongkos, dll. semuanya enak-enak koq hehehehe. Oiya, bila anda beruntung anda bisa mendaptkan tempat makan yang enak di MJS, yaitu meja-meja yang tersedia disudut belakang restoran. viewnya lumayan oke untuk ajang foto-foto. ada kolam renang dan sederet koleksi topi atau rokok yang tertempel di dinding-dinding restoran. seru kaan???





Es Jujur

Soal harga di MJS sendiri relatif, tergantung menu apa yang kita pesan. tapi untuk harga minum semuanya hampir sama, masing-masing IDR 10,000 / minuman. ssst….restoran ini selalu ramai di kala ramadhan tiba, jangan lupa reservasi terlebih dahulu supaya kita bisa menikmati makanan disini. layanan delivery hanya melayani pesanan nasi box diatas 50 box. satu lagi yang menyenangkan di restoran ini, terdapat mushola dilantai atas untuk pengunjung yang ingin melaksanakan sholat. jd ga repot lagi bukaan??


so, santai sejenak menikmati nuansa dan menu makanan khas jawa, silakan saja datang ke MJS. alamatnya disini niiiiy :





ini diaa Mbah-nya MJS

 


MJS RESTO


MBAH JINGKRAK SETIABUDI


Jl. Setiabudi Tengah No. 11


Setiabudi ( Seberang Apotik Setiabudi )


Belakang hotel Four season / setelah tikungan SMUN 3 Setiabudi


Tlp : 021-5252605 



Bakso Ikan Kalibata Yang Menggoda

Bosan menyantap bakso sapi? Hmm… bakso yang terbuat dari ikan ini juga tak kalah enaknya kok. Bola-bola bakso yang berwarna putih terasa kenyal enak. Ditambah kuahnya yang gurih segar meski tanpa tambahan saus atau sambal membuat siapapun yang menikmatinya bakal ketagihan!

Saya sangat sering makan di area depan Taman Makam Pahlawan Kalibata. Setiap sore hingga malam area ini dipenuhi warung tenda kaki lima yang menjual berbagai macam jenis makanan. Tak heran kalau di sini selalu ramai pengunjung dari ujung ke ujung, begitu pula area parkirnya.

Karena seringnya saya makan ditempat ini, saya pun sudah hampir mencoba semua makanan yang dijual di warung-warung tenda ini. Kebetulan disini banyak sekali warung yang menjual aneka bakso, dari bakso urat hingga bakso tenis. Awalnya karena bingung menentukan pilihan tempat makan bakso saya pun memilih warung bakso sederhana yang memang paling ramai saat itu.

Saat saya dan pasangan memesan dua porsi bakso, saya belum tahu apa istimewanya bakso ini hingga ramai pembeli. Di depan warung bakso hanya ada gerobak biasa, tanpa ada spanduk bertuliskan nama warung dan menu baksonya. Saat bakso mulai diantar ke meja, hmm… aroma yang muncul berbeda dengan aroma kuah bakso lainnya. Saya pun jadi tak sabar mencicipinya.

Olala… ternyata bakso yang saya pesan adalah bakso ikan. Yup, bakso ikan seperti yang banyak dijual di Batam. Wah, pantas saja baksonya terlihat berwarna lebih putih ketimbang bakso umumnya. Kuahnya juga segar sekali meski tanpa tambahan saus, sambel ataupun kecap. Rasa gurih ikan dalam bakso ini sangat terasa alami dan tidak bikin eneg.

Hanya ada dua pilihan menu jika ingin makan ditempat ini, yaitu bakso ikan polos atau bakso ikan telur. Dua-duanya sama enaknya dan mengenyangkan. Pantas saja penjual bakso yang sederhana ini selalu ramai pengunjung, entah itu untuk makan ditempat ataupun untuk dibawa pulang.

Selain enak soal harga juga sangat cocok dikantong, murah dan tidak mengecewakan. Seporsi bakso ikan dan 1 cup air mineral hanya anda bayar dengan Rp 5.000,00 saja. Murah bukan? Nah, jika Anda kebetulan melintas di depan area TMP Kalibata silahkan saja buktikan sendiri kelezatannya.

Warung Bakso Ikan Kalibata
JL. TMP Kalibata, Pasar Minggu
Jakarta Selatan
(Depan Taman Makam Pahlawan Kalibata)
Jam Buka: Mulai pukul 17.00